Green Jobs: Kerja Selaras Alam Makin Meningkat Di Masa Datang | b l o g o d r i l

29 January 2011

Green Jobs: Kerja Selaras Alam Makin Meningkat Di Masa Datang

Apa itu Green Jobs? Green Jobs, menurut blogodril, adalah kerja atau pekerjaan yang selaras dengan alam.

Menurut United Nation Environment Programme (UNEP), Green Jobs atau Green Colar Jobs adalah
"Work in agricultural, manufacturing, research and development (R&D), administrative, and service activities that contribute(s) substantially to preserving or restoring environmental quality. Specifically, but not exclusively, this includes jobs that help to protect ecosystems and biodiversity; reduce energy, materials, and water consumption through high efficiency strategies; de-carbonize the economy; and minimize or altogether avoid generation of all forms of waste and pollution.”

Jadi, semua pekerjaan yang secara subtansial melindungi atau memulihkan kualitas lingkungan hidup, ekosistem dan biodiversitas, mengurangi energi dan konsumsi air, mengurangi pelepasan karbon serta mengurangi limbah dan polusi dapat disebut Green Jobs.

Jika anda bertanya-tanya tentang pekerjaan apa yang tergolong green jobs, maka jawabnya, pekerjaan apa pun bisa saja merupakan green jobs. Tentu saja sebagai suatu kerja yang selaras dengan alam, maka anda disarankan untuk sedikit mengubah sudut pandang yaitu mulai memperhatikan lingkungan dalam setiap pekerjaan yang anda lakukan setiap hari dan mempertimbangkan dampak dari perubahan yang mungkin terjadi akibat dari apa yang anda kerjakan.

Paska resesi global sejak pertengahan tahun 2008 lalu, ekonomi global telah menunjukkan pergeseran yang mengarah kepada ekonomi berkelanjutan (sustainable ekonomy), yaitu ekonomi yang dicirikan dengan "rendah karbon (CO2)".

Menurut penelitian program lingkungan hidup UNEP, bahwa ekonomi berkelanjutan ini dapat menciptakan jutaan pekerjaan yang selaras dengan alam ("hijau") di berbagai sektor ekonomi. Terbukti bahwa telah terjadi peningkatan investasi di sektor energi terbarukan lebih dari 6 kali lipat atau tumbuh dari $ 10 miliar menjadi $ 66 miliar selama tahun 1998 hingga 2007.

Pada tahun 2003, energi terbarukan menyumbang sekitar 1/6 dari investasi fasilitas pembangkit listrik dan peralatan dunia.. Para pakar UNEP bahkan memperkirakan bahwa investasi bisa mencapai empat kali lipatnya lagi sehingga menjadi $ 210 miliar di tahun 2016. Demikian pula di Amerika serikat, menurut data Departemen Tenaga Kerja AS, bahwa akan terjadi pertumbuhan "green jobs" secara signifikan hingga tahun 2018.

Kerja yang selaras dengan alam cenderung akan berkembang di masa datang dan tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memiliki dampak positif pada lingkungan hidup kita.

Kepentingan bisnis anda hendaknya bisa dikombinasikan dengan kepentingan lingkungan hidup. Banyak fakta telah menunjukkan bahwa perubahan sistem dan budaya perusahaan yang lebih peduli lingkungan hidup menyebabkan perusahaan berjalan lebih baik dari sebelumnya tanpa mengorbankan kualitas produk atau kemasan.

Pertanyaan kepada diri kita masing-masing: adalah apakah anda menggunakan 100 persen kertas daur ulang di kantor ? Ya jika anda telah memulai untuk memilih segala sesuatu yang dapat didaur ulang dan bahkan melakukan proses daur ulang sendiri, bila memungkinkan.

Indonesia diharapkan akan dapat mengatasi dua tantangan utama di masa datang, yaitu menciptakan jutaan lapangan kerja dan pekerjaan yang layak kepada jutaan pendatang baru di pasar tenaga kerja, sekaligus mengurangi dampak perubahan iklim.


Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP