5 Kali Terjadi, Gempa Bumi Merebak di Biak! | b l o g o d r i l

16 June 2010

5 Kali Terjadi, Gempa Bumi Merebak di Biak!


Gempa berkekuatan 5,0 skala Richter (SR) mengguncang Tenggara Biak, Papua, Rabu (16/6), pukul 13.16 WIB. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer seperti yang dilaporkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di 1.88 lintang selatan - 136.35 bujur timur. Pusat gempa ini berada pada 83 kilometer tenggara Biak, Papua dan +/- 3.336 kilometer timur laut Jakarta.

Data tersebut milik gempa terakhir yang dicatat BMKG setelah serangkaian gempa merebak di Biak.

Ya,Gempa bumi sedang merebak di tenggara Biak. Lima kali gempa bumi telah terjadi di wilayah pesisir utara Papua, jika menurut pembagian wilayah USGS.

Sebelumnya, BMKG dan USGS telah mencatat 4 (empat) kali gempa bumi hari ini. Data yang saya kutip dari kedua badan yang memonitor bumi ini:


Keterangan: Magnitudo dalam Skala Richter (SR) bersumber dari BMKG,


Jenis gempa bumi yang sering terjadi di Papua, terutama di pesisir utara, yaitu gempa tektonik. Gempa bumi di Papua terjadi karena pergesekan antara lempeng samudera Indo-Australia-tempat berpijak benua Australia dan pulau Papua -- dengan lempeng samudera Pasifik. Karena kedua lempeng itu hanya bergesekan maka sumber gempanya dangkal, dan kekuatannya di permukaan bumi kuat sekali.

Getaran gempa terkuat yang dirasakan di Biak, mencapai skala V - VI Modified Mercalli Intensity (MMI)di Biak. Peta Intensitas Gempabumi (MMI) Raster Image dapat di- download di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), yang menginformasikan potensi dampak dari kekuatan getaran gempa.

Lain halnya dengan gempa bumi, misalnya: di Bali, yang sumber gempanya dalam, akibat dari gerakan lempeng samudera Indo-Australia yang menukik ke bawah lempeng benua Eurasia (pondasi kepulauan Indonesia), sehingga kekuatan gempa di muka bumi pulau Bali tidak sekuat di Biak

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP