"Link" Gambar Satelit dan Foto Tumpahan Minyak Teluk Meksiko | b l o g o d r i l

26 May 2010

"Link" Gambar Satelit dan Foto Tumpahan Minyak Teluk Meksiko


Untuk memperbaharui Informasi Tumpahan Minyak Teluk Meksiko yang saya terbitkan sebelumnya, bagi anda yang ingin melihat liputan citra satelit dan gambar-gambar tentang bencana tumpahan minyak rig Deepwater Horizon milik BP di Teluk Meksiko, berikut ini beberapa link utama yang bisa anda kunjungi:

1. Deepwater Horizon Response: The Official Site of the Deepwater Horizon Unified Command:
Situs resmi yang dibuat untuk memberikan informasi tentang operasi tanggap darurat dan bencana Deepwater Horizon, berisi banyak foto tentang kegiatan tanggap darurat yang kebanyakan di-link dari situs web Penjaga Pantai Amerika Serikat: United States Coast Guard.

2. NASA
NASA telah mendedikasikan suatu situs web tentang tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang mempublikasikan citra satelit dan foto-foto Teluk Meksiko yang diambil dari udara. Liputan satelit tentang tumpahan minyak ini disajikan secara berseri. Satelit milik NASA: Terra dan Aqua membantu the National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dalam memantau keberadaan dan meluasnya ceceran minyak dengan citra-citra satelit liputannya. Beberapa liputan yang dapat anda kunjungi:

  • NASA's MISR Provides Unique Views of Gulf Oil Slick;Gambar satelit yang unik dari tumpahan minyak Deepwater Horizon di Teluk Meksiko yang diambil oleh instrumen Multi-angle Imaging Spectro Radiometer (MISR) yang diusung oleh wahana angkasa Terra pada 17 Mei 2010, sekitar pukul 16:40 UTC.

  • NASA's Aqua satellite Image: Oil Slick Spreads off Gulf Coast; Gambar satelit Aqua yang diambil pada 25 April 2010 dengan menggunakan instrumen Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dengan teknik wide-view natural-color image, sehingga sebarannya terlihat dibatasi warna putih dekat dengan pantai Louisiana.

  • NASA's Terra satellite: NASA Satellite Imagery Keeping Eye on the Gulf Oil Spill; Gambar satelit Terra yang diambil pada 27 April 2010 menunjukkan batas dan sebaran ceceran minyak dari platform pengeboran Deepwater Horizon drilling platform.


  • 3. Situs web: How Big Is the Deepwater Horizon Oil Spill?
    Paul Rademacher, Google Earth engineer, telah membangun suatu situs web berbasis "Google map" sehingga anda dapat menumpang-susunkan (overlaying) suatu gambar tentang tumpahan minyak yang anda pilih, misalnya di lokasi tertentu, diatas gambar "Google Earth". Diharapkan hasil tumpang susun yang anda buat mampu memberikan gambaran dan kesan seberapa luas ceceran minyak telah menyebar di kawasan Teluk Meksiko, misalnya dibandingkan dengan luas kota anda.

    4. Flickr
    Tidak lupa, tentu saja, media online untuk koleksi foto anda: Flickr anda dapat melihat foto dan video bencana tumpahan minyak ini dengan menuliskan tag: SPILL_NW10.

    Jika anda ingin tahu perkembangan bencana pencemaran laut Teluk Meksiko yang lebih dari sekedar gambar-gambar, maka saya sarankan situs tanggap darurat milik NOAA, yaitu NOAA : Emergency Responses Deepwater Horizon Incident, yang melaporkan perkembangan dengan update setiap hari. Situs juga menerbitkan publikasi, factsheet dan selebaran sehalaman. Suatu analisis spasial yang melakukan prediksi arah pergerakan ceceran minyak dalam bentuk peta: Cumulative Trajectory Maps dapat anda lihat di situs NOAA ini.

    Image credit: NASA/GSFC/LaRC/JPL, MISR Team

    Digg
    Stumbleupon
    Delicious
    Technorati
    Twitter
    Facebook
    Related Posts with Thumbnails

    Followers

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP