April 2010 : Suhu Global Tertinggi Yang Pernah Terjadi | b l o g o d r i l

20 May 2010

April 2010 : Suhu Global Tertinggi Yang Pernah Terjadi




Gabungan suhu permukaan tanah dan rata-rata suhu permukaan laut global untuk bulan April 2010 dan periode 4-bulan pertama (Januari-April) 2010 adalah suhu terhangat yang pernah terjadi dibandingkan bulan dan periode yang sama selama abad ke-20, seperti yang dirilis NOAA-News.

Menurut data National Oceanic and Atmospheric Administration - National Climatic Data Center (NOAA - NCDC) di Amerika Serikat, bulan April 2010 lalu ditandai dengan kondisi yang sangat hangat di banyak belahan dunia. Anomali suhu paling hangat terjadi di di Asia Selatan, Afrika Utara, Amerika Utara di bagian Tengah dan Timur Laut, Kanada, Eropa, dan Rusia Bagian Utara. Sekalipun banyak belahan dunia rata-rata kondisinya hangat, tetapi terdapat belahan dunia yang dingin, seperti di Argentina, Mongolia, Bagian Timur dan Selatan Rusia, dan sebagian besar Cina.

Berikut ini Global Temperatur Highlight hasil analisis kondisi iklim global oleh NOAA-NCDC:

  • Gabungan rata-rata suhu permukaan tanah dan suhu permukaan laut global untuk bulan April 2010 adalah: 14,5 ° C (58,1 ° F), kondisi ini merupakan suhu terhangat di muka bumi yang pernah terjadi. Panas yang menghantam bulan April 2010 ini lebih tinggi 0,76 ° C (1,37 ° F) dibandingkan rata-rata suhu gabungan tersebut selama abad ke-20, sebesar: 13,7 ° C (56,7 ° F).


  • Suhu rata-rata permukaan laut di seluruh dunia pada April 2010 lebih tinggi: 0,57 ° C (1,03 ° F), dari rata-rata suhu permukaan laut abad ke-20, yaitu: 16,0 ° C (60,9 ° F) dan menjadikan bulan April terhangat yang pernah dicatat. Peningkatan suhu ini terutama terjadi di belahan khatulistiwa yang melintasi samudera-samudera di dunia, terutama Samudera Atlantik.


  • Suhu permukaan tanah di seluruh dunia pada April 2010 meningkat 1,29 ° C (2,32 ° F) di atas rata-rata suhu permukaan tanah abad ke-20, yaitu 8,1° C (46,5 ° F), kondisi ini menjadikan suhu bulan April terhangat -ketiga yang pernah terjadi - setelah tahun 2007 dan 2000.


  • Menurut perbandingan "the year-to-date", kombinasi suhu permukaan tanah dan suhu permukaan laut global mencapai: 13,3 ° C (56,0 ° F) selama periode Januari-April 2010. Tercatat sebagai suhu terhangat karena lebih tinggi 0,69 ° C (1.24 ° F) dari rata-rata suhu periode Januari-April selama abad ke-20.


  • Selengkapnya dapat dibaca di: NOAA-NCDC, State of the Climate Global Analysis.

    NOAA, juga memprediksi pola cuaca El Nino di wilayah Pasifik Tropis Timur akan mulai lemah pada bulan April, akibat dari penyimpangan suhu permukaan laut yang makin turun ketika melintasi wilayah khatulistiwa di Samudra Pasifik. El Nino yang melemah ini akan memberikan kontribusi wilayah di sepanjang sabuk tropis dunia menjadi hangat dan demikian pula suhu permukaan laut secara global. Lihat animasi Global Tropical Sea Surface Temperature Animation. Kondisi El Nino seperti ini diperkirakan akan terus berlanjut sampai bulan Juni.

    Related Post:
    Tahun 2010, El-Nino Akan Lebih "Hot" !


    Digg
    Stumbleupon
    Delicious
    Technorati
    Twitter
    Facebook
    Related Posts with Thumbnails

    Followers

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP