Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Benarkah Akan Terjadi Hingga Mei 2010 ? | b l o g o d r i l

10 April 2010

Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Benarkah Akan Terjadi Hingga Mei 2010 ?

Kawasan Mentawai akan menuai gempa bumi dengan magnitudo 8.1 M termasuk Kepulauan Mentawai – Sipura dan Pagai Utara hingga Mei 2010, gempa bumi hebat yang memicu Tsunami ini probabilitasnya cukup tinggi. Demikian prediksi Akopian Samvel Tsolaki, doktor Ilmu Matematika dan Fisika dari the Academican Int. Ac.of Geoecology di Rusia, yang memprediksikan gempa bumi dengan metoda seismic entropy di Sub Sistem (SS) SUMATRA, Indonesia.

Akopian telah memprediksi dengan tepat gempa bumi 6,6 M yang terjadi di sebelah utara Kepulauan Andaman, India, pada tanggal 30 Maret 2010, seperti prediksinya tentang "SS Microplate Burma".

Prediksi gempa Sumatra ini telah memperkuat prediksi Ilmuwan Universitas Ulster di Irlandia Utara Mc Closkey, yang terkenal pula dengan prediksinya yang tepat atas kejadian gempa bumi di Pulau Simeulue pada 28 Maret 2005. Untuk kawasan Mentawai, Mc Closkey telah memprediksi akan terjadi gempa bumi "tsunamigenic" 8,5 M..

Potensi terjadi gempa bumi ”catastrophic” di kawasan mentawai memang telah diprediksikan oleh banyak ahli. Salah satu kesimpulannya adalah telah terjadi ketegangan seismik yang sewaktu-waktu dapat lepas, mengingat ada deposito energi terhitung sejak gempa bumi 8.7 M di kawasan Mentawai pada 1797 dan 2005.

Oleh karena itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah memperingatkan untuk tetap waspada terhadap kemungkinan akan adanya gempa yang berpotensi terjadinya tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dengan perkiraan gelombang laut akan mencapai 7 hingga 10 meter. Daerah yang akan terimbas tsunami, sangat mungkin adalah Provinsi Lampung, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatra Selatan.

Pengetahuan tentang tenpat-tempat yang berpotensi gempa di dunia telah berkembang luas dan banyak diketahui, namun kapan terjadinya suatu gempa bumi masih sulit dipahami. Prediksi terjadinya suatu gempa biasanya disimpulkan dalam suatu rentang atau periode waktu, contohnya: akan terjadi gempa besar dalam 30 tahun mendatang di Samudera Hindia.

Boleh dibilang, upaya melakukan prediksi termasuk jarang dan menjadi hal yang luar biasa dalam seismologi, seperti yang telah dilakukan kedua ilmuwan tersebut.

Tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti, tetapi sekedar mengingatkan, setelah beberapa kejadian beruntun gempa di dunia hingga sekarang, termasuk di Indonesia.

Beberapa gempa bumi besar telah terjadi selama enam tahun terakhir, seperti Aceh (2004), Nias (2005), Sulawesi (2005), Mentawai (2005), Yogyakarta (2006, disertai tsunami) Indramayu (2007), Bengkulu (2007), Padang dan Tasikmalaya (2009) dan baru-baru ini di Aceh (7/04/2010). Dampak dari gempa tersebut tidak mudah hilang dan sangat terasa sampai sekarang.

Tentu saja kita tidak menginginkan prediksi tersebut terjadi, namun tidak ada salahnya jika kita benar-benar terus mewaspadai potensi gempa bumi di Mentawai.

Upaya mitigasi bencana untuk melindungi infrastruktur dan yang paling utama adalah jiwa manusia perlu direncanakan, dibangun dan disebarluaskan kepada masyarakat di kawasan rawan gempa, sebagai bagian dari upaya kita dalam mengantisipasi bencana gempa sejak dini.

UPDATED:
Bengkulu (ANTARA News, 10/04/2010) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) peringatkan masyarakat Bengkulu agar waspadai gempa besar, dikhawatirkan ada imbas dari gempa 7,2 Sekal Richter (SR) di Aceh beberapa hari lalu.

Imbas gempa di Aceh itu dikhawatirkan ada jalurnya dengan sesar Mentawai, karena patahan Mentawai, Sumbar masih berpotensi mengeluarkan energi besar, kata Kepala BMKG Stasiun Klimoatologi Pulau Baai Bengkulu Fahmiza, Sabtu. >>>Baca Selengkapnya: BMKG Peringatkan Masyarakat Bengkulu Waspadai Gempa Besar

Related Posts:
1. Scientist Prediction: Earthquake and Tsunami Are Potential Strike at West Sumatra
2. Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Kapan Akan Terjadi ?
3. Tidak Perlu Resah, Bersiaplah Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP