Ilmuwan Kuatirkan Letusan Gunung Api Yang Lebih Dahsyat Lagi di Islandia | b l o g o d r i l

22 April 2010

Ilmuwan Kuatirkan Letusan Gunung Api Yang Lebih Dahsyat Lagi di Islandia


Hari ini Kamis (22/04/2010) pesawat terbang mulai lepas landas termasuk di bandara Heathrow London setelah menunggu ketidakpastian cuaca akibat angin kencang sejak dua hari lalu, meskipun saat itu wilayah udara di Eropa telah dibuka kembali. Penerbangan di Eropa telah kacau selama seminggu akibat awan abu vulkanik letusan gunung berapi di gletser Eyjafjallajökull (ay-yah-FYAH-lah-Yer-Kuhl) Islandia.

Namun, para ilmuwan mengkuatirkan ini baru pembuka saja. Karena tremor gunung berapi ini dapat memicu letusan yang lebih dahsyat dari gunung api di dekatnya yaitu Gunung Katia. Mereka mengatakan sekali letusan Katia bisa jadi 10 kali lebih kuat daripada letusan Eyjafjallajökull. Tentu saja semburan abu vulkanik yang membentuk awan abu akan jauh lebih berbahaya!

Katia terakhir meletus pada tahun 1918 dan biasanya meletus setiap 80 tahun. Dua gunung berapi tersebut berdampingan di Islandia selatan, dan keduanya berjarak sekitar 12 mil (20 kilometer).terhubung oleh jaringan lorong magma. >>> Selengkapnya, silahkan baca di Yahoo News

Related Psot:
Resiko Burung Besi Terbang Dalam Awan Abu Gunung Berapi

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP