8 Tips Mengurangi Radiasi Dalam Pemakaian Ponsel | b l o g o d r i l

03 April 2010

8 Tips Mengurangi Radiasi Dalam Pemakaian Ponsel

Telepon seluler (ponsel) memancarkan radiasi ketika mengirimkan suara dan pesan teks ke ponsel lain. Resiko kesehatan bagi penggunanya memang sulit untuk dikonfirmasikan, terlebih di Indonesia. Namun beberapa penelitian memberikan rekomendasi agar berhati-hati terhadap peningkatan resiko tumor otak.

Tapi bagaimana caranya untuk mengurangi resiko radiasi ponsel bagi para penggunanya ? Agar anda aman dari radiasi ponsel saat memakainya, berikut ini saya tuliskan kembali tips dari Environmental Working Group (EWG), sbb:

1. Belilah ponsel yang memiliki radiasi rendah

Periksa ponsel Anda melalui panduan pembelian ponsel, seperti: Get a Safer Phone di situs milik EWG tersebut (# memang kesulitannya tidak semua ponsel yang beredar di Indonesia sama dengan yang beredar di Amerika atau Eropa, namun untuk tipe-tipe high-end atau yang populer umumnya dapat dijumpai). Pertimbangkan untuk mengganti ponsel anda dengan salah satu tipe ponsel yang memancarkan radiasi serendah mungkin dan tetapi masih memenuhi kebutuhan Anda.

2. Gunakanlah headset atau speaker

Headset memancarkan radiasi lebih sedikit dibandingkan jika anda menggunakan langsung dengan menempelkan ponsel pada telinga anda. Pilihlah, bisa dengan kabel atau nirkabel. Memang, beberapa headset nirkabel masih memancarkan radiasi tingkat rendah secara terus-menerus. Maka disarankan agar ponsel disimpan di kantong baju anda ketika tidak ada panggilan. Menggunakan ponsel anda dalam modus speaker, termasuk salah satu cara untuk mengurangi radiasi (# meskipun mungkin hanya dilakukan di tempat tertentu, misalnya ketika di dalam mobil atau di rumah.

3. Lebih banyak menerima (mendengarkan) daripada berbicara.

Ponsel memancarkan radiasi ketika anda mengirimkan teks atau berbicara, tetapi tidak ketika anda menerima pesan atau mendengarkan. Setidaknya dengan lebih banyak mendengarkan atau berkomunikasi dengan pesan akan mengurangi anda terkena radiasi ponsel anda.

4. Tetap jauhkan ponsel anda dengan tubuh anda

Pegang ponsel anda dan jauhkan dari tubuh Anda ketika anda sedang berbicara (meskipun anda sedang memakai headset), hindarkan ponsel dekat dengan telinga Anda, disarankan ponsel dapat anda simpan di dalam saku, atau pada tempat ponsel di sabuk kulit anda. Prinsipnya, jauhkan ponsel dengan jaringan tubuh yang kemungkinan akan menyerap radiasi ponsel.

5. Pilihlah berkomunikasi dengan teks sebanyak mungkin dan kurangi berbicara langsung

Ponsel menggunakan daya yang sedikit ( sehingga radiasi berkurang ) untuk mengirim pesan teks daripada mengirim suara. Apalagi ketika anda harus bicara dengan ponsel menempel di telinga anda, ini lebih beresiko terkena radiasi.

6. Jika sinyal lemah, matikan saja ponsel anda

Kode sinyal pada ponsel Anda menunjukkan sinyal lemah, artinya ponsel akan memancarkan radiasi lebih banyak untuk menangkap sinyal dari/ke menara. Sehingga disarankan agar anda mengirimkan dan menerima panggilan bila ponsel anda memiliki sinyal yang kuat.

7. Batasi anak-anak menggunakan ponsel

Otak anak-anak menyerap dua kali radiasi ponsel dibandingkan otak orang dewasa. EWG bergabung dengan lembaga kesehatan di 6 negara untuk merekomendasikan batasan dalam penggunaan ponsel oleh anak-anak, disarankan anak-anak menggunakan seperlunya atau dalam situasi darurat saja.

8. Hindari pelindung radiasi

Kubah antena, tombol-tombol tertentu (# atau pelindung/casing ponsel) yang dapat mengurangi kualitas sambungan telekominikasi akan memaksa ponsel untuk mengirimkan sinyal dengan kekuatan yang lebih tinggi, akibatnya ponsel akan memancarkan radiasi yang lebih tinggi pula.

Barangkali saya dan anda hingga saat ini belum memperhatikan hal-hal seperti itu. Tetapi berkepentingan dengan kesehatan, adanya tips dari hasil riset EWG tersebut, tidak ada salahnya jika kita mulai memperhatikan dalam penggunaan ponsel yang sehat.

Source: EWG’s Guide to Reduce Cell Phone Radiation Exposure, 2010; Retrieved from http://www.ewg.org/cellphoneradiation/8-Safety-Tips, March, 31 2010.

Related Posts:
1. 10 Ponsel Baru Yang Tingkat Radiasinya Paling Rendah
2. 20 Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Paling Unggul Dalam Kelola Kelestarian
3. Green Electronic: Greenpeace Menempatkan Nokia Di Peringkat Pertama "Greener Electronics"

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP