5 Kejadian Yang Perlu Anda Waspadai Jika Gempa Besar Terjadi Di Patahan Sumatra | b l o g o d r i l

21 April 2010

5 Kejadian Yang Perlu Anda Waspadai Jika Gempa Besar Terjadi Di Patahan Sumatra


Ketegangan seismik yang sewaktu-waktu dapat lepas, mengingat ada deposito / akumulasi energi terhitung sejak gempa bumi 8.7 M di kawasan Mentawai pada 1797 akan terus meningkat dari waktu ke waktu [1,2].

Akumulasi energi ini tidak bisa diserap oleh zona subduksi dan Kep.Mentawai, melainkan harus ditanggung oleh sebuah jalur patahan besar di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan Sumatra yang disebut Patahan (besar) Sumatra atau Sumatra Fault System.

Sama halnya dengan zona subduksi, patahan Sumatra menahan tekanan lempeng dari hari ke hari sampai melampaui kekuatan batuan yang merekatkan kedua lempeng. Ilmuwan LIPI menjelaskan [3]:

"Ibarat sebuah per pegas raksasa yang ditekan maksimal dan kemudian dilepaskan akibatnya Kepulauan Mentawai akan terpental ke atas dan ke arah luar secara tiba-tiba dan menimbulkan guncangan bumi yang sangat keras..."


Inilah, Gempa bumi besar di zona subduksi terjadi!

Menurut Pusat Penelitian Geoteknologi – LIPI, yang terjadi saat gempa besar di patahan Sumatra, adalah [3]:

1. Tanah di sepanjang jalur patahan akan retak dan tanah di sekitar patahan bergeser tiba-tiba secara berlawanan arah satu sampai beberapa meter.

2. Bumi bergoncang keras selama beberapa puluh detik sampai menit. Setelah itu selama berhari-hari sampai beberapa minggu akan terjadi gempa-gempa susulan yang lebih kecil.

3. Gempa susulan ini frekuensi dan kekuatannya akan terus berkurang sampai berhenti.

4. Gempa besar umumnya disertai oleh gerakan tanah/tanah longsor dan amblasan tanah yang dapat mengakibatkan kerusakan yang sama atau bahkan lebih besar dari kejadian gempanya itu sendiri.

5. Gempa bumi patahan (tektonik) ini bukan karena gunung api, tapi kadang-kadang gempa ini bisa merangsang aktifitas gunung api disekitarnya.

Oleh karena itu, kita hendaknya perlu waspada terhadap kejadian tersebut dan ancaman bahaya yang ditimbulkan, terutama bagi saudara-saudara kita yang tinggal di jalur gempa, salah satunya di patahan Sumatra.


Referensi:
[1.] Science 12 December 2008: Vol. 322. no. 5908, pp. 1674 - 1678. DOI: 10.1126/science.1163589. 5 October 2009
[2.] University Of Ulster. "University Of Ulster Scientists Issue Indonesia Earthquake Warning." ScienceDaily 28 March 2005. 5 October 2009 .
[3] Pusat Penelitian Geoteknologi – LIPI, Sumatra Rawan Gempa Bumi

Image Source: AIR Worldwide (AIR)

Related Posts:
1. Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Benarkah Akan Terjadi Hingga Mei 2010 ?
2. Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Kapan Akan Terjadi ?



Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP