Ponsel Masa Depan Mengisi Ulang Baterai Sendiri | b l o g o d r i l

31 March 2010

Ponsel Masa Depan Mengisi Ulang Baterai Sendiri

Produsen telepon seluler (ponsel) terbesar di dunia, Nokia, telah mendaftarkan patent ke US Patent dan Trademark Office atas ponsel generasi mendatang yang memiliki kemampuan mengisi ulang baterai sendiri.

Ponsel rancangan Nokia ini menggunakan kristal piezoelektrik, yang dapat mengisi ulang baterai sendiri malalui gerakan alami dari pemilik ponsel.

Adapun temuan yang dipatenkan adalah komponen yang dari bobotnya lebih berat dibanding komponen penyusun ponsel lainnya, seperti baterai dan pemancar (transmitter), yang ditempatkan dalam suatu rangka internal kokoh yang duduk diapit 2 (dua) set rel. Sehingga satu set rangka (frame) memungkinkan komponen untuk bergerak/meluncur ke atas dan kebawah, sedangkan satu set frame lainnya mampu bergerak bolak-balik ke arah samping (side-to-side motion).

Saat frame mencapai ujung rel, maka akan menekan jalur-jalur kristal piezoelektrik untuk membangkitkan listrik, kemudian langsung mengisi baterai ponsel. Selama anda bergerak, berjalan atau berguncang menjadikan baterai ponsel terus terisi ulang (charge-up) sendiri. Hebat, hanya dengan gerakan alami, baterai ponsel terisi kembali!

Sekalipun teknologi ini belum mencapai tingkat lanjut untuk menyediakan listrik dalam jumlah besar lewat sejumlah kecil gerakan, namun penemuan ini telah memberikan keuntungan yang berarti, terutama bagi pengguna yang sangat aktif. Teknologi pengisian baterai yang sudah diaplikasikan pada jam tangan ini kini diterapkan untuk ponsel.

Intomobile, berkeyakinan bahwa temuan ini merupakan perkembangan teknologi ponsel paling penting abad ini. Sekaligus awal bagi solusi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dapat anda bayangkan, betapa praktisnya dan tidak repot membawa battery-charger atau mencari sumberdaya listrik ketika anda harus mengisi ulang baterai ponsel, saat anda bekerja, ke sekolah atau bersepeda ke sawah.

Tidak mengherankan jika temuan ini muncul dari Nokia yang telah bekerja secara konsisten dalam penciptaan produk dan aplikasi ponsel yang peduli dengan lingkungan berkelanjutan. Terbukti tahun ini, Greenpeace telah menempatkan Nokia di puncak peringkat perusahaan elektronik yang environmentally friendly karena menghilangkan bahan kimia berbahaya dalam produk dan proses manufakturnya.

Nah, barangkali ponsel semacam ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang aktif dan bergaya hidup hijau tapi sering lupa atau malas bawa battery-charger.

Related Posts:
1. 10 Ponsel Baru Yang Tingkat Radiasinya Paling Rendah
2. 20 Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Paling Unggul Dalam Kelola Kelestarian
3. Green Electronic: Greenpeace Menempatkan Nokia Di Peringkat Pertama "Greener Electronics"

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP