Gempa Bumi Chili Memperpendek Waktu Dalam 1 Hari | b l o g o d r i l

06 March 2010

Gempa Bumi Chili Memperpendek Waktu Dalam 1 Hari

Dahsyatnya gempa bumi Chili (27/02/2010) dengan magnitudo: 8.8 SR telah menewaskan ratusan jiwa dan menyebabkab ratusan ribu warga kehilangan tempat tinggal. Namun ada dampak lain bahwa gempa bumi Chili telah menyebabkan waktu dalam satu hari di bumi berkurang.

Seorang ilmuwan JPL, Richard Gross, dan rekan-rekannya telah menghitung bahwa panjang hari (lamanya satu hari) telah berkurang sekitar 1,26 mikrodetik (satu mikrodetik adalah sepersejuta detik).

Perubahan lamanya waktu dalam sehari ini disebabkan oleh bergesernya sumbu bumi, yang melalui permodelan yang rumit, disimpulkan bahwa sumbu bumi bergeser 2,7 milliarcseconds (sekitar 8 cm, atau 3 inci). Seperti kita ketahui, sumbu bumi tidak sama dengan sumbu utara-selatan, sumbu ini agak serong secara berimbang dari sumbu utara-selatan sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki).

Yang menarik, menurut Gross, gempa bumi Sumatra tahun 2004 yang berkekuatan 9.1 SR, dengan model perhitungan yang sama, telah memendekkan lamanya hari, sekitar 6,8 mikrodetik dan menyebabkan sumbu bumi bergeser: 2,32 milliarcseconds (sekitar 7 cm, atau 2,76 inci). Ternyata gempa bumi Chili 2010 yang magnitudonya lebih kecil dari pada gempa bumi Sumatra 2004 telah menggeser sumbu bumi lebih jauh sekitar 1 Cm.

Kenapa bisa terjadi demikian? anda dapat membaca selengkapnya Nasa.gov: Chilean Quake May Have Shortened Earth Days.

Related Posts:
1. Gambar Kerusakan Akibat Gempa Bumi 8,8 SR di Chili
2. Tsunami Menghantam Kepulauan Pasifik, Menyusul Gempa Bumi Chili

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP