"Cove" Raih Oscar 2010 Untuk Film Dokumenter Terbaik | b l o g o d r i l

08 March 2010

"Cove" Raih Oscar 2010 Untuk Film Dokumenter Terbaik

Film dokumentaer "Cove" memenangkan Oscar untuk kategori Best Documentary. Penghargaan ini diberikan dalam acara Academy Awards ke-82 pada hari Minggu malam (07/02/2010) di Kodak Theater di Los Angeles. Film besutan sutradara Louie Psihoyos, yang dibantu mantan pelatih lumba-lumba dari acara TV legendaris Flipper, Ric O'Barry, dinilai paling menakutkan namun dikemas dengan indah. Sehingga menjadikan film ini penting dan patut anda lihat
Distributor film ini telah mengumumkan bahwa "Cove" akan segera diputar di bioskop-bioskop Jepang. Apa tanggapan O'Barry yang sekarang menjadi aktivis perlindungan hak lumba-lumba? katanya: " Ketika penonton di Jepang melihat film ini, barangkali mereka akan menutup teluk itu secara tetap."


Dalam upacara penghargaan, Psihoyos menyangkal bahwa film "Cove" adalah suatu "tamparan keras" untuk Jepang ("Japan-bashing") tetapi lebih dimaksudkan sebagai peringatan tentang kesehatan masyarakat Jepang. Dan, mereka punya hak untuk tahu bahwa daging lumba-lumba yang diperdagangkan telah terkontaminasi oleh merkuri pada tingkat yang membahayakan kesehatan manusia.

Biar masyarakat Jepang sendiri yang memutuskan apakah harus terus memakan daging lumba-lumba dan menangkapnya untuk pertunjukan atau berhenti. O'Barry menambahkan:

".. Film ini memberitahukan kepada mereka dan biar mereka membuat kesimpulan sendiri dan menentukan apa yang ingin mereka lakukan..."


Setiap tahun nelayan Taiji menggiring sekawanan lumba-lumba ke suatu teluk terpencil, kemudian memilih beberapa puluh ekor untuk dijual ke akuarium, ke pengelola pertunjukan satwa dan sisanya untuk daging. Film ini juga menyoroti ancaman kesehatan karena tingginya kadar merkuri yang ditemukan dalam daging lumba-lumba yang disajikan untuk makan siang di sekolah setempat.

Related Posts:
1. 10 "Eco Film" Yang Dibuat Enam Tahun Terakhir
2. "The Town That Was": Film Dokumenter Bencana Dari Aktivitas Penambangan
3. The Going Green Film Festival, 2010: Kontribusi Dunia Perfilman Untuk Lingkungan Hidup



Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP