Tsunami Menghantam Kepulauan Pasifik, Menyusul Gempa Bumi Chili | b l o g o d r i l

28 February 2010

Tsunami Menghantam Kepulauan Pasifik, Menyusul Gempa Bumi Chili

Tsunami pertama setinggi 3,5 meter akibat dari gempa bumi Chili telah menghantam pantai Kepulauan Polynesia dan Kepulauan Chatham di New Zealand, setelah sebelumnya gelombang setinggi 2,5 m menyapu kepulauan Hawaii di dekat kota Hilo pada sekitar 15 jam setelah kejadian gempa bumi itu.

Segera setelah kejadian gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,8 skala Richter (SR) yang melanda Chili pada Sabtu (28/02/2010) dini hari, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telah mengeluarkan peringatan tsunami bagi Chili dan Peru, dan siaga tsunami bagi Ecuador, Colombia, Panama, Costa Rica dan Antarctica. Termasuk peringatan dari Presiden AS Barack Obama yang pertama kali dikeluarkan di AS dalam 16 tahun terakhir. Ribuan warga Hawaii sempat melarikan diri untuk menyelamatkan diri karena dicekam rasa khawatir setelah dikeluarkan peringatan tsunami ini.

Demikian pula Badan Cuaca Jepang juga mengeluarkan peringatan tentang potensi besar tsunami di perairan Pasifik, bahwa gelombang setinggi 3 meter diperkirakan akan menerjang wilayah pesisir utara Aomori, Iwate dan Miyagi paska gempa bumi Chili

Catastrophe !

Alejandra Gouet, reporter suatu stasiun televisi yang meliput di Conception, menyatakan kerusakan hebat terjadi di kota ini. Jalan-jalan kota rusak berat tidak ada yang utuh. Kebakaran gedung terjadi di mana-mana, korban jiwa menurut pernyataan resmi pemerintah 214 jiwa dipastikan akan terus bertambah sejak hari ini, seperti dilansir The Sunday Times (28/02/2010). Presiden Chili, Michelle Bachelet, telah menyatakan bahwa bencana gempa bumi kali ini adalah suatu “catastrophe”!.

"Kami tidak mampu mencegah jatuhnya korban jiwa dan luka-luka tetapi kami memastikan bahwa sistem masih berfungsi," ungkap Bachelet di Santiago, ibukota Chili yang berjarak +/- 300 Km dari pusat gempa.


USGS mengatakan [1], gempa bumi itu terjadi Sabtu pagi pukul 3:34 waktu setempat, lokasi gempa berjarak: 100 kilometer dari Concepcion, kota metropolitan terbesar kedua di Chili. Setelah gempa bumi utama, 8,8 SR yang mengguncang hingga di pegunungan Andes Selatan, USGS mencatat bahwa terjadi beberapa gempa susulan berkekuatan 6,9 SR.

Gempa bumi kali ini termasuk gempa terkuat yang pernah terjadi di Concepcion dalam abad ini. Sejarah mencatat, bahwa kota Concepcion pernah rusak karena guncangan gempa atau hantaman tsunami sebanyak 5 (lima) kali antara tahun 1570 and 1751. Bahkan, ketika kota dipindahkan ke wilayah sungai Bio-bio, kota ini dihancurkan kembali oleh gempa pada tahun 1835.

Chili termasuk negara yang rawan gempa dan rekor gempa bumi terhebat di dunia masih dipegang oleh Chili. Pada 1960 terjadi gempa bumi dengan skala magnitudo 9,5 M yang menghancurkan kota Valdiva dan Peurto Montt dengan kerugian saat itu ditaksir mencapai 0.5 Miliar US dollar.

Reference and Image Source:
[1] USGS Earthquake Hazards Program, Earthquake Location
Magnitude 8.8 OFFSHORE MAULE, CHILE, http://neic.usgs.gov/neis/eq_depot/2010/eq_100227_tfan/neic_tfan_l.html

Related Posts:
1.10 Gempa Bumi Terbesar Yang Pernah Terjadi
2.Scientist Prediction: Earthquake and Tsunami Are Potential Strike at West Sumatra
3. Gempa Bumi Haiti: Port-au-Prince Diguncang Gempa 7,3 Magnitude, Dikhawatirkan Ratusan Orang Tewas
4.Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Kapan Akan Terjadi?
5.Building Damage Due to Earthquake in Padang, Indonesia



Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP