Mitigasi Perubahan Iklim Dengan Hutan Kota | b l o g o d r i l

04 January 2010

Mitigasi Perubahan Iklim Dengan Hutan Kota

Apa benar pemanasan global sedang terjadi? Apakah kita yang tinggal di Indonesia terkena dampaknya? Kenapa Indonesia mesti ikut repot ingin mengurangi emisi karbon? Ini pertanyaan wajar bagi kebayakan orang(awam) ketika menanggapi berita tentang (perubahan) iklim di media cetak atau elektronik.

Bagi kita yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, barangkali dapat merasakan hingga berkesimpulan: kota kita kok...makin kurang nyaman, makin panas, dan tidak segar lagi. Bisa jadi ini pengaruh pemanasan global.

Pohon-pohon tumbuh di ruang terbuka kota-kota atau hutan kota di Indonesia mempunyai peluang yang unik untuk dimanfaatkan dalam mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Fungsi mitigasi pohon adalah menyerap karbon dioksida dan beberapa polutan lain dari atmosfer. Selain itu hutan kota juga berkontribusi untuk mengurangi penggunaan energi, karena kemampuannya dalam menciptakan iklim mikro yang sejuk/dingin menyerupai pendingin udara, yang pada akhirnya mampu mengurangi gas rumah kaca dan emisi dari bahan bakar fosil.

Masih banyak manfaat lainnya, contohnya peneduh, pemecah angin dan pendingin suhu udara ambien melalui evapotranspirasi. Jadi semakin luas kanopi (tajuk) hutan kota maka akan mampu meningkatkan secara eksponensial udara dingin, serapan karbon dioksida, dan polusi udara. Kota menjadi teduh dan nyaman serta ada estetika di sana.

Sebaliknya, hutan kota ini rentan pula terhadap dampak perubahan iklim. Untuk itu perlu pengelolaan, terutama pemeliharaan, karena hanya pohon-pohon yang sehat dan terpelihara baik yang akan mampu memberikan manfaat tersebut secara maksimal. Hutan kota yang sehat dicirikan dengan multi umur, yaitu terdapat pohon-pohon muda yang siap menggantikan pohon-pohon tua; dan tersusun dari berbagai jenis, sehingga terdapat keanekaragaman jenis (genetis) yang sangat baik untuk bertahan terhadap hama dan penyakit.

Hutan kota memiliki peran sangat penting, terutama dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan sehingga menjadi lebih nyaman, segar, indah dan bersih. Selain itu, hutan kota juga dapat menciptakan keserasian lingkungan alam yang berguna bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat perkotaan.

Ayo, kita tanam pohon di lingkungan tempat tinggal kita.

Related Post:
Plants In The Tropic For Pollution Reduction

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP