Indonesia Tertinggi : Wabah Flu Burung Sejak 2003 - 2009 | b l o g o d r i l

25 January 2010

Indonesia Tertinggi : Wabah Flu Burung Sejak 2003 - 2009

Sejak tahun 2003 hingga 30 Desember 2009, virus flu burung (H5N1) setidaknya telah menewaskan 282 orang dari 457 kasus, seperti yang dipublikasikan oleh Badan Kesehatan Dunia, WHO, di dalam situs webnya.

Meskipun belum ada kasus besar berupa penularan antar manusia, ancaman wabah flu burung ini tetap berbahaya. Kalau belum mampu menular antar manusia, artinya: sampai saat ini virus ini belum mampu menyesuaikan dengan manusia. Tetapi barangkali bisa saja kemudian terjadi...ukh!

Dari jumlah tersebut ternyata Indonesia memegang rekor tertinggi baik dalam jumlah kasus maupun banyaknya orang yang meninggal akibat flu burung, yaitu 161 kasus dan meninggal 134.

Mencari tahu tentang flu burung (H5N1) di Indonesia, ternyata dalam 5 hari terakhir sejak 20/1/2010, media nasional masih melansir berita kematian unggas secara mendadak, khususnya ayam di berbagai kota di Indonesia. Selanjutnya dari hasil pengujian terhadap unggas-unggas yang mati, ternyata hasilnya positif, unggas ini mati karena virus flu burung ! Berikut ini kota-kota tempat kejadiannya: Garut dan Sumedang(Jawa Barat), Boyolali (Jawa Tengah), Pamekasan (Jawa Timur), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Murung Raya (Kalimantan Tengah), Ketapang (Kaimantan Barat), dan Tanjung Pandan (Belitung).

Wabah ini telah menyebar di seantero Indonesia! Maka, hati-hatilah... dan perhatikan panduan untuk menghindari flu burung, terbukti wabah flu yang satu ini masih terus mengancam dan berpotensi patogen di Indonesia. Salah satu wabah flu yang dikenal mematikan.

Pemerintah Indonesia terus bekerja-sama dengan badan-badan dunia dan negara lain, untuk menanggulangi wabah flu burung. antara lain melalui kegiatan peningkatan surveilan, manajemen wabah dan kesiapan rumah sakit, termasuk untuk memperkuat tanggapan terhadap H5N1 dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

World Health Organization (WHO) cukup khawatir terhadap penyebaran virus secara global (pandemik) dan ancaman yang dibawanya. Wabah flu burung H5N1 yang menjangkiti manusia telah terdeteksi di banyak negara. Sebagian besar kasus adalah akibat kontak langsung antara manusia dengan unggas yang terinfeksi virus tersebut atau terkontaminasi/tertular dari lingkungannya.




Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP