Green Electronic: Greenpeace Menempatkan Nokia Di Peringkat Pertama "Greener Electronics" | b l o g o d r i l

10 January 2010

Green Electronic: Greenpeace Menempatkan Nokia Di Peringkat Pertama "Greener Electronics"



Greenpeace Guide to Greener Electronics versi ke 14, telah menempatkan Nokia bertahan di puncak peringkat perusahaan elektronik yang environmentally friendly, dengan skor 7,3 dari skor tertinggi 10. Kemudian, di peringkat kedua menyusul Sony Ericsson, satu-satunya perusahaan yang mencapai nilai tertinggi untuk seluruh kriteria kimiawi. Samsung yang tahun lalu di peringkat kedua turun ke peringkat tujuh karena tidak menghilangkan kandungan brominated flame retardants (BFRs) dalam produknya.

Memang, tidak hanya Samsung yang skornya turun dibandingkan dengan peringkat dalam Greenpeace Guide to Greener Electronics tahun lalu, beberapa perusahaan turun skornya karena luput/gagal dalam mengeliminasi bahan-bahan kimia dan tidak segera menyesuaikan diri dengan revisi undang-undang Uni Eropa tentang bahan kimia dalam barang elektronik.

Tahun ini, panduan elektronik Greenpeace ini menambahkan kriteria baru yaitu:

"Support for revisions to the Restriction of Hazardous Substances (RoHS) Directive that would ban PVC vinyl plastic, brominated flame retardants (BFRs) and chlorinated flame retardants from electronics"


Jadi, produk harus mendukung arahan pembatasan substansi (kimiawi) yang berbahaya yang telah melarang PVC, BFR (brominated flame retardants) dan CFR (chlorinated flame retardants) ada dalam perangkat elektronik. Seperti Sony Ericsson dan Apple yang dinilai telah menunjukkan dukungan atas pelarangan ini, sebaliknya belum terlihat dukungan dari perusahaan lain, misalnya: HP, dan Dell. Oleh karenanya, Apple peringkatnya melompat dari urutan ke 9 tahun lalu menjadi ke 5 tahun ini karena bersama-sama Nokia dan Sony Ericsson mendukung revisi RoHS, membuat seluruh produknya bebas dari PVC dan BFRs, dan memperluas program penarikan kembali produk (yang tidak ramah lingkungan) di seluruh dunia.

Berikut peringkat 18 perusahan terkemuka yang dinilai "Greener Electronics" menurut Greenpeace:
1. Nokia
2. Sony Ericsson
3. Toshiba
4. Phillips
5. Apple
6. LG Electronics
7. Sony
8. Motorola
9. Samsung
10. Panasonic
11. HP
12. Acer
13. Sharp
14. Dell
15. Fujitsu
16. Lenovo
17. Microsoft
18. Nintendo

Sources:
1. How the companies line up, http://www.greenpeace.org/international/campaigns/toxics/electronics/how-the-companies-line-up
2. Greenpeace's Electronics Guide cuts through the greenwash at CES, http://www.greenpeace.org/international/press/releases/greenpeace-s-electronics-guide

Related post:
Mau Tahu Gadget yang Paling "Green" ? Ini Dia, Pilihan Greenpeace!

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP