Gempa Bumi Haiti: Gambar Satelit Resolusi Tinggi dan Terkini Dari Goggle | b l o g o d r i l

16 January 2010

Gempa Bumi Haiti: Gambar Satelit Resolusi Tinggi dan Terkini Dari Goggle

Google telah menyumbang US $ 1 juta kepada organisasi-organisasi relawan yang bekerja di Haiti untuk menyelamatkan para korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan, menyediakan air bersih, makanan, perawatan medis, perlindungan dan dukungan bagi mereka yang terkena dampak gempa bumi Haiti.[1]

Google juga membuat link (tautan) khusus berupa citra (gambar) satelit dan peta kerusakan di sekitar ibu kota Haiti, Port-au-Prince. Kontribusi Google ini dimaksudkan untuk memudahkan bagi siapa saja yang ingin dan telah bertindak memberikan bantuan langsung di lapangan. Gambar-gambar yang diliput satelit Geoeye mampu memberikan pemandangan dari angkasa, kondisi terkini wilayah yang terkena dampak gempa bumi. Selain itu, Google juga mempermudah penggunanya melalui pengunduhan gratis citra satelit ini, selanjutnya dapat ditampilkan dengan menggunakan aplikasi Google Earth.

Barangkali kita telah melihat foto-foto dampak gempa bumi dari para saksi mata, tetapi dengan citra satelit resolusi tinggi Geoeye, siapa saja dapat melakukan perbesaran (zooming) sehingga dapat mengetahui detil kerusakan, kemungkinan asesibilitasnya, dan lokasi-lokasi yang terbaik untuk menyalurkan bantuan. Bahkan citra satelit ini dapat dipakai untuk memperkirakan skala kerusakan akibat gempa bumi dengan cara membandingkan citra Geoeye sebelum dan sesudah gempa bumi terjadi. Jika kita melihat citra-citra satelit ini, barangkali kita dapat merasakan betapa tragisnya kerusakan nyata yang ditimbulkan gempa bumi di Haiti, sama halnya ketika tragedi gempa bumi Padang menimpa kita.

Berikut ini beberapa gambar sebelum dan sesudah gempa bumi Haiti terjadi [2]:


Istana Presiden

Sebelum

Sesudah




Kota

Sebelum

Sesudah




Stadion
Sebelum

Sesudah




Gereja
Sebelum

Sesudah



Selain itu Google juga telah mendirikan sebuah sistem tanggap darurat bekerja sama dengan badan dunia dan NGO, seperti: UNICEF, CARE, dll.

Seperti dikhabarkan sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan 7,3 magnitude telah mengguncang Haiti, Selasa (12/1) pukul 4:53 waktu setempat. Episentrum atau pusat gempa berada di 16 kilometer dari Port-au-Prince dengan kedalaman 10 kilometer. Akibat gempa tersebut, beberapa gedung di ibu kota Port-au-Prince dan ribuan orang tewas dan terluka serta terkubur di bawah reruntuhan.

Source:
1. Goggleblog (Google), http://googleblog.blogspot.com/2010/01/posted-by-soandso-soandso-team.html

Images:
2. Sphere, Google Earth Reveals Extent of Haiti Quake Damage, http://www.sphere.com/world/article/google-earth-reveals-extent-of-haiti-quake-damage/19317017

Related Post:
Gempa Bumi Haiti: Port-au-Prince Diguncang Gempa 7,3 Magnitude, Dikhawatirkan Ratusan Orang Tewas

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP