10 Gempa Bumi Terbesar Yang Pernah Terjadi | b l o g o d r i l

19 January 2010

10 Gempa Bumi Terbesar Yang Pernah Terjadi

Kemungkinan terjadinya gempa bumi besar, setelah gempa bumi Haiti (12/1/2010), telah diprediksi para ahli. Prediksi mereka menunjuk pada parit Sunda dengan pusat energi gempa bumi di sekitar kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Energi yang telah terkumpul sekitar dua abad, siap dilepaskan sewaktu-waktu hingga mencapai lebih besar 8.5 M, dengan kekuatan guncangan sebesar ini, tergolong gempa bumi besar.

Tetapi tahukah anda gempa bumi "terbesar" yang pernah terjadi di planet ini ? Terbesar dalam arti bagaimana ? Karena sepanjang sejarah kehidupan manusia banyak terjadi gempa bumi besar, bahkan mungkin ketika kita belum lahir....

"Gempa bumi terbesar" adalah gempa yang dapat diukur, dicatat dan diperiksa kembali kekuatan gerak energinya atau guncangannya di bumi. Intrumen yang dipakai oleh para seismologist (ahli gempa) memang dirancang untuk mengukur kekuatan (magnitude) energi yang dilepaskan oleh gerakan atau guncangan saat gempa bumi berlangsung. Jadi "terbesar" kali ini, adalah skala kekuatannya gempa bumi bukan besarnya dampak kerusakan dan korban yang ditimbulkannya.

Ternyata, gelar gempa terbesar sampai saat ini adalah gempa bumi di Chili pada 1960 dengan kekuatan 9.5 M. Episentrum gempa hanya 60 meter dari dasar laut yang berjarak 100 mil dari pantai Chili yang menghadap Samudera Pasifik. Kota terdekat yaitu Valdiva dan Peurto Montt mengalami kerusakan hebat karena dekat dengan pusat gempa masif ini. Korban jiwa, barangkali, bukan yang terbesar selama ini. Tetapi yang dapat diingat dan dibicarakan banyak orang adalah kuatnya guncangan gempa utama (foreshocks).

Kuatnya guncangan gempa utama ini telah meratakan bangunan dan rumah-rumah penduduk dan merusak infrastruktur kota-kota di Chili sehingga kerusakan ditaksir mencapai 0.5 Miliar US dollar saat itu [1]

Tidak hanya merusak bangunan buatan manusia, gempa ini telah merubah bentuk bumi dengan kekuatannya. Longsor dan banjir lumpur sekan ditumpahkan dari lereng-lereng gunung. Longsoran ini telah merubah aliran sungai dan membentuk danau baru. Tanah di sepanjang pantai Chili, terutama di kota Peurto Montt, amblas (subduck) akibat pergerakan bumi selama gempa dan kota-kota pantai dibanjiri dan digenangi air laut.

Setelah Chili, terdapat beberapa tempat di dunia yang mengalami gempa bumi besar yang diperingkat seperti dalam Tabel berikut ini [2].

Sumber: Earthquake Hazards Program, USGS.

Dari peringkat gempa di atas, gempa bumi dan tsunami di Sumatera Bagian Utara (Aceh) berada di peringkat ketiga, dan 2 kejadian gempa bumi lain di Indonesia tercatat di peringkat 7 dan 10. Sekali lagi, hal ini membuktikan bahwa negara kita memang "bersahabat" dengan gempa-gempa besar. Demikian pula hendaknya, kita segera membiasakan diri untuk hidup berdampingan dengan gempa bumi.


Sources:
[1]. Extreme Science, The Greatest Earthquake Ever Recorded, http://extremescience.com/GreatestEarthquake.htm
[2]. USGS, Largest Earthquakes in the World Since 1900, http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/world/10_largest_world.php

Related Posts:
1.Scientist Prediction: Earthquake and Tsunami Are Potential Strike at West Sumatra
2. Gempa Bumi Haiti: Port-au-Prince Diguncang Gempa 7,3 Magnitude, Dikhawatirkan Ratusan Orang Tewas
3.Menuai Gempa Bumi Di Mentawai: Kapan Akan Terjadi?
4.Building Damage Due to Earthquake in Padang, Indonesia

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP