7#: Setelah Gempa Bumi: Berkomunikasi dan Pulihkan Diri ! | b l o g o d r i l

16 December 2009

7#: Setelah Gempa Bumi: Berkomunikasi dan Pulihkan Diri !


Setelah gempa bumi terjadi, anda selamat dan berkumpul dengan keluarga kembali.

Mulailah untuk mengenali kebutuhan anda dan keluarga. Rencana tanggap darurat yang anda buat sebelumnya bisa mulai anda ikuti.

Ingat, bahwa setelah gempa utama akan terjadi gempa bumi susulan, bisa beberapa hari atau beberapa minggu. Beberapa gempa susulan mungkin cukup besar untuk menyebabkan kerusakan tambahan. Maka, anda dan keluarga hendaknya selalu siap, menyelamatkan diri dan tunggu.

Periode pemulihan paska gempa bumi biasanya butuh waktu cukup lama bisa beberapa minggu bahkan lebih satu tahun. Yang perlu mendapat perhatian kita adalah dampak jangka panjang dari peristiwa gempa bumi ini dalam hidup kita, terutama anak-anak kita.

Penting pula, kita belajar dari pengalaman kejadian gempa bumi ini, banyak hal yang mungkin belum pernah kita lakukan, tetapi (terpaksa) kita lakukan setelah gempa bumi terjadi. Belajar dari apa yang terjadi selama gempa bumi hendaknya menjadikan kita tahu apa yang harus diperbuat agar kita aman, jika gempa bumi terjadi lagi. Saya telah mem-posting 7 Aksi Penting Setelah Gempa Bumi Berlalu, dan berikut tambahan penjelasannya:


Hari Pertama Setelah Bencana

1. Gunakan informasi yang telah anda susun dalam rencana tanggap darurat anda. Manfaatkan perbekalan, persediaan dan perlengkapan pribadi yang telah anda siapkan dalam kotak-kotak (kits) pertolongan pertama anda.

2. Yakinkan bahwa tidak terjadi kebocoran gas di lokasi rumah anda atau tempat anda berada, setelah yakin, anda baru bisa menyulut api dengan korek api, lilin atau pemantik api lainnya.

3. Hidupkan radio untuk memantau perkembangan keadaan dan mendapatkan informasi bantuan.

4. Hubungi satuan tugas penolong atau medis laporkan keadaan anda dan keluarga

5.Periksa telepon rumah anda, apakah masih berfungsi, saluran telepon tetap diperlukan untuk komunikasi, terlebih jika jaringan telepon seluler mati.

6.Kenali dan cari tahu keadaan tetangga anda, bisa mulai dari yang terdekat dulu, tawarkan bantuan jika kita mampu.

7. Periksa persediaan makanan dan air, jika jaringan listrik padam, maka anda bisa memanfaatkan makanan awet (makanan dalam kaleng) yang tersimpan di kulkas anda.

8.Tutuplah kulkas anda sebaik-baiknya, jika tidak rusak, maka makanan di dalamnya mampu bertahan dalam beberapa hari meskipun listrik padam.

9. Jika jaringan air minum rusak, maka minumlah dari cairan es atau botol-botol persediaan air anda.

10. Awas jangan minum atau makan apapun makanan di wadah terbuka yang terletak dekat jendela kaca atau barang pecah belah (siapa tahu ada pecahan kaca di dalamnya ?)


Minggu Pertama Setelah Bencana

Minggu pertama mungkin masih terasa berat secara fisik dan psikis. Karena bisa dibilang ini masa transisi. Masih ada trauma tersisa, masih khawatir dengan gempa susulan, itu hal wajar dalam minggu pertama. Tetapi penting, agar anda dapat segera memulihkan kondisi emosional anda. Anda harus berupaya memulihkan hidup anda ke arah kehidupan normal dan rutinitas sehari-hari.

Perawatan dan pemulihan emosional adalah penting, setelah perawatan cidera atau luka fisik akibat gempa. Setelah itu, pastikan rumah Anda aman untuk didiami kembali, periksa kondisi rumah dari ancaman gempa bumi susulan, atau anda sementara mengungsi dan akan kembali beberapa hari kemudian setelah benar-benar aman. Kemudian beberapa tugas harus mulai dipikirkan, seperti:

1. Menghubungi perusahaan listrik kalau jaringan listrik mati,

2. Berkomunikasi dengan perusahaan air atau gas, jika ada kerusakan,

3. Mengumpulkan kembali dokumen-dokumen penting, dan

4. Melakukan proses-proses klaim asuransi.

Jangan lupa, mencari informasi keberadaan tempat supply bantuan bencana, sehingga kalau anda perlu bantuan bisa cepat mendapatkannya.


Jaka anda harus mengungsi


Anda harus mengungsi, jika rumah anda secara struktural tidak aman atau terancam oleh kebakaran, roboh sususlan atau bahaya lainnya. Tempat pengungsian atau penampungan mungkin awalnya penuh sesak dan kekurangan kebutuhan hidup dasar. Jadi, pertimbangkanlah masak-masak, kemana anda harus mengungsi? Ke tempat penampungan umum, ke tempat saudara atau tinggal sewa di suatu tempat sementara.

Jika anda memutuskan untuk mengungsi, maka katakan atau titip pesan kepada tetangga yang masih tinggal, kemana anda akan pergi mengungsi.

Jika mungkin, bila anda mengungsi bawalah :
1. Perbekalan dan perlengkapan pribadi dalam kotak pertolongan pertama anda

2. Persediaan air, makanan, dan makanan ringan

3. Selimut, bantal, dan kasur udara atau alas tidur atau, kalau punya sleeping bag

4. Pakaian ganti, jaket, handuk dan lap mandi

5. Popok, formula, makanan, dan perlengkapan lain untuk bayi

6. Beberapa foto keluarga atau hal-hal kecil yang barangkali dapat menentramkan anda dan/atau keluarga di pengungsian,

7. Dokumen identifikasi pribadi dan salinan dokumen penting pribadi anda.

Jangan membawa ke tempat penampungan: hewan peliharaan, pakaian dalam jumlah banyak dan barang-barang berharga yang mungkin akan hilang, dicuri, atau diambil orang.

Demikian, akhir dari rangkaian artikel yang barangkali bisa bermanfaat dan mengingatkan kita kembali apa yang dapat kita perbuat dalam menghadapi gempa bumi.

Related Posts:
1.6#: Setelah Gempa, Periksalah Kerusakan dan Luka-luka!
2.5#: Lindungi Diri Anda Selama Guncangan Gempa Bumi
3.4#: Apakah Rumah Anda Aman Dari Gempa Bumi ?
4.3#: Menyediakan Perlengkapan Pribadi Menghadapi Gempa Bumi
5.2#: Membuat Rencana Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi
6.1#: Kenali Potensi Kerusakan akibat Gempa Bumi di Rumah Anda
7.7 Aksi Penting Setelah Gempa Bumi Berlalu
8.10 # Aksi Saat Terjadi Gempa Bumi

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP