7 Fakta Menarik Tentang Kopi | b l o g o d r i l

06 December 2009

7 Fakta Menarik Tentang Kopi


Ada beberapa fakta menarik bahwa sebenarnya biji (tanaman) kopi, tidak begitu buruk sebagai minuman...bahkan cukup bermanfaat. Berikut 7 fakta menarik tentang kopi, yang dikumpulkan dari "ilmu kopi" yang tersebar dalam artikel-artikel tentang kopi di dunia:

1. Kafein mengurangi risiko kanker kulit. Lotion yang mengandung kafein (baik dari kopi dan teh hijau) telah terbukti dapat untuk mencegah terjadinya kanker tumor pada kulit - meskipun masih dalam tahap percobaan.

2. Kafein dapat mengurangi resiko penyakit Parkinson. Sebuah studi selama 30-tahun telah menunjukkan bahwa non-peminum kopi memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena penyakit Parkinson dibandingkan dengan mereka yang minum kopi.

3. Kebanyakan orang Amerika mendapatkan antioksidan dari kopi. Tetapi bukan berarti kopi adalah sumber antioksidan terbaik, hanya kopi termasuk yang paling banyak dikonsumsi. Tapi, memang benar, kopi ini sangat tinggi antioksidan.(Tapi, antioksidan dari buah-buahan tetap terbaik!!)

4. Kopi dapat mengurangi kemungkinan kematian akibat penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa minum kopi 4-5 cangkir sehari dapat membuat Anda cenderung terhindar meninggal karena penyakit jantung. Para peneliti berpikir hal itu mungkin karena ada hubungannya dengan efek anti-inflamasi pada kopi.

5. Kopi mengurangi nyeri otot. Setelah anda berlatih keras, secangkir atau dua cangkir kopi telah menunjukkan dapat mengurangi nyeri otot (terutama, pada wanita) yang lebih efektif daripada naproxen, aspirin dan ibuprofen. (Tapi awas, ibu-ibu jangan mengganti isi air termos dengan kopi)

6. Kopi dapat membantu memori jangka pendek anda. Ini mungkin karena efek stimulan kafein itu, suatu studi di Austria menunjukkan bahwa relawan yang diberikan secangkir kopi berkafein punya waktu reaksi yang lebih baik dan memori jangka pendek yang berfungsi lebih baik daripada mereka yang diberi secangkir kopi tanpa kafein.

7. Tersenyum di pagi hari dengan secangkir kopi, itu biasa bagi caffephile (penikmat kopi), karena secangkir atau dua cangkir kopi bisa meningkatkan rasa ketenteraman dan kebahagiaan. Tidak lain, kareana kandungan dopamin, yang banyak dimiliki kopi alam. Tetapi berhati-hatilah, studi juga mencatat bahwa lebih dari 2 cangkir sehari meningkatkan risiko serangan kecemasan dan panik!

Barangkali fakta-fakta tersebut menjadi alasan kesehatan yang mendorong orang minum kopi, sekaligus sebagai gaya hidup, sehingga mereka mau untuk membayar lebih...

Pastinya, setelah minyak bumi, kopi adalah produk ekonomi kedua paling berharga di dunia. Sehingga layak keduanya disebut "Emas Hitam". Tahun 2009, Indonesia adalah produsen kopi terbesar kedua di Dunia, setelah Brasil. Kopi Robusta, terutama...yang 80% dari produksi nasional berasal dari bagian selatan Pulau Sumatera. Produknya telah menghidupi petani kopi sepanjang Bukit Barisan. Kopi menjadi penyumbang devisa yang berarti bagi negara kita, dengan ekspornya berkisar 300 - 400 ribu metrik ton tahun ini.

Jadi, anda para penikmat kopi, ingin terus atau berhenti minum kopi ?

Image source:
Flickr, Astrid-Amalia "Secangkir Kopi Lampung Cap Bus Patas"

Related Post:
Kopi paling berlagak: Kopi Luwak !


Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP