5#: Lindungi Diri Anda Selama Guncangan Gempa Bumi | b l o g o d r i l

22 November 2009

5#: Lindungi Diri Anda Selama Guncangan Gempa Bumi

Perlu untuk mengambil tindakan (aksi) yang tepat saat gempa bumi berlangsung. Ingatlah, jurus : "Drop, Cover, dan Hold On", kira-kira terjemahan bebasnya: turun atau jatuhkan diri, lindungi diri dan tunggu!, lakukan saat terjadi gempa bumi! Jurus ini dapat menyelamatkan jiwa dan mengurangi resiko kematian dan cedera.

Gimana sih, prakteknya ? Begini..: maksud jurus "Drop, Cover, dan Hold On" yaitu anda segera turun ke lantai rumah (jika semula anda di tempat tidur, misalnya), berlindung di bawah meja yang kokoh, dan tunggu, sambil berpegangan kuat pada kaki-kaki meja. Usahakan tetap tenang, bersiaplah untuk bergerak keluar atau ke tempat aman, saat guncangan gempa bumi berhenti.

Daerah dekat dinding luar (eksterior) bangunan adalah tempat yang berbahaya, sudah sering terjadi korban gempa karena ia tertimpa tembok rumah luar atau tembok pagar. Jendela, teras dan struktur detil bangunan seringkali merupakan bagian pertama dari gedung runtuh. Untuk itu menjauhlah dari zona bahaya ini.

Tinggal di dalam jika anda berada di dalam dan di luar jika anda berada di luar. Postingan terkait dapat dibaca: 10 # Aksi Saat Terjadi Gempa Bumi. Nah berikut, tambahan penjelasan:

Di dalam rumah:

"Drop, Cover dan Hold On"!, ini jurus seperti yang dijelaskan di atas, jika anda tidak di dekat meja, turun ke lantai ambil jarak dan menghadap dinding dalam rumah dan melindungi kepala dan leher dengan lengan. Hindari dinding luar rumah, jendela, objek yang digantung, cermin, perabotan tinggi, peralatan besar, dan dapur lemari yang berisi benda-benda berat atau kaca. Jangan pergi ke luar!

Di tempat tidur:

Jika anda berada di tempat tidur, bertahan dan tetap tinggal di sana, lindungi kepala anda dengan bantal. Anda cenderung tidak cedera jika tetap tinggal di mana anda berada. Pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera orang yang memilih berguling ke lantai atau mencoba berlari sampai ke pintu.

Dalam gedung tinggi:

"Drop, Cover dan Hold On"! Hindari jendela dan barang-barang berbahaya lain. Jangan menggunakan lift. Jangan kaget dan tetap tenang, jika sistem sprinkler pemadam api hidup atau mengaktifkan alarm kebakaran.

Di Luar:

Pindah ke daerah aman jika anda dapat melakukannya; hindari jaringan listrik, pohon, rambu-rambu, menara telekomunikasi, kendaraan, dan bahaya lain.

Source: Diolah dari "Putting Down Roots in Earthquake Country", yang diterbitkan oleh the Southern California Earthquake Center.

Related Posts:
1.4#: Apakah Rumah Anda Aman Dari Gempa Bumi ?
2.3#: Menyediakan Perlengkapan Pribadi Menghadapi Gempa Bumi
3.2#: Membuat Rencana Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi
4.1#: Kenali Potensi Kerusakan akibat Gempa Bumi di Rumah Anda
5.7 Aksi Penting Setelah Gempa Bumi Berlalu
6.10 # Aksi Saat Terjadi Gempa Bumi

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP