# 2 : Membuat Rencana Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi | b l o g o d r i l

28 October 2009

# 2 : Membuat Rencana Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi


Anda mungkin tidak yakin, ketika gempa bumi besar terjadi, apakah anda dan anggota keluarga anda telah melakukan hal yang benar ? Disarankan anda tidak boleh panik ketika gempa bumi terjadi, sehingga dapat bertindak tepat dalam menyelamatkan diri. Tapi untuk berlaku "tidak panik" bukanlah hal yang mudah saat gempa bumi tengah mengguncang kita.

Berbagai bencana alam pernah kita alami, termasuk terakhir kali gempa bumi Padang di Sumatera Barat (30/9/2009), yang menghancurkan kota dan menelan korban jiwa. Alangkah baiknya kita mulai belajar dari pengalaman agar menjadi biasa hidup berdampingan dengan bencana alam, misalnya gempa bumi, yang tidak pernah dapat diramalkan kapan akan terjadi.

Untuk itu, sejak sekarang - sebelum bencana terjadi lagi - perlu kiranya anda bersama-sama anggota keluarga atau teman satu rumah, merencanakan upaya penyelamatan diri dari gempa bumi. Pada dasarnya, merencanakan tindakan apa yang akan dilakukan oleh setiap orang di rumah anda sebelum, selama dan sesudah gempa bumi terjadi.

Setelah gempa bumi atau bencana alam selesai, biasanya muncul berbagai resiko seperti: kebakaran, rusaknya sarana/prasarana kota, listrik padam, kekurangan air bersih dan minimnya pelayanan masyarakat lainnya. Belum lagi, resiko yang mengancam keselamatan akibat gempa bumi susulan.

Jika anda telah membuat rencana tanggap darurat atau rencana penyelamatan diri sejak sekarang maka diharapkan anda akan lebih siap dalam menghadapi gempa bumi berikutnya. Rencana ini barangkali akan bermanfaat bagi orang lain, paling tidak bagi keluarga anda.

Banyak lembaga pemerintah, sekolah dan bisnis telah memiliki rencana untuk berbagai jenis bencana dan keadaan darurat lainnya. Namun, akan bermanfaat jika keluarga anda juga memilikinya.

Keselamatan dan kesejahteraan orang-orang yang anda cintai adalah penting, sehingga gunakan waktu sekarang juga untuk mengembangkan rencana (tanggap) darurat untuk keluarga.

Jika Anda sudah memiliki dan mengembangkan rencana tersebut, saat ini dapat anda gunakan untuk meninjau kembali dan memperbaruinya.


Rencana Penyelamatan Diri Selama Bencana

  • Latih dan praktekkan "drop, cover, dan hold on" (menjatuhkan diri, berlindung dan berpegangan) di tempat-tempat aman untuk berlindung selama gempa bumi.

  • Identifikasi tempat yang aman di setiap kamar, seperti di bawah kolong meja dan perabotan yang kokoh.

  • Pelajari bagaimana melindungi diri sendiri di mana pun anda berada, ketika terjadi gempa bumi atau bencana alam lainnya.


  • Rencana Tanggap Darurat Setelah Bencana

  • Tetap jaga sepatu dan senter (yang berfungsi baik) di sebelah masing-masing ranjang di rumah anda.

  • Ajarkan semua orang dalam rumah tangga anda untuk menggunakan peluit "darurat" dan / atau untuk mengetuk 3 kali berulang-ulang jika terjebak. Para penyelamat atau penolong yang mencari korban dalam bangunan runtuh selalu berusaha mendengarkan suara-suara.

  • Identifikasi kebutuhan anggota rumah tangga dan tetangga anda yang memerlukan perlakuan khusus, seperti penggunaan kursi roda, alat bantu berjalan, pengunaan obat-obatan khusus dll.

  • Sangat beruntung jika anda atau salah satu anggota keluarga anda mahir melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), sehingga dapat "melatih" orang-orang di lingkungan anda agar dapat melakukan pertolongan pertama tersebut.

  • Ingatkan kembali orang-orang di rumah anda tempat untuk "mematikan" utilitas rumah anda, seperti listrik, gas dan air. Diharapkan setiap orang di rumah anda tahu cara mematikan gas, listrik dan air yang mengalir ke rumah Anda. Segera matikan gas jika tercium bau atau mendengar kebocoran gas.

  • Dapatkan pelatihan dari pemadam kebakaran setempat tentang cara yang benar menggunakan alat pemadam kebakaran.

  • Lebih baik lagi, jika anda melengkapi rumah anda dengan memasang alarm atau "alarm asap". tetapi jangan lupa untuk mengujinya sebulan sekali dan mengganti baterai setahun sekali, atau ketika (baterai) alarm sudah lemah ketika "berkicau" atau dibunyikan.

  • Periksa apakah di kota atau di daerah anda terdapat kelompok-kelompok penolong semacam Emergency Response Team, biasanya Tim Search and Rescue (SAR) atau Palang Merah Indonesia. Jika tidak ada, barangkali anda ingin membentuk sendiri di lingkungan perumahan anda. Anda bisa mencari tahu dan menghubungi Badan SAR Nasional atau PMI.


  • Rencana Untuk Berkomunikasi dan Pemulihan Kembali Paska Bencana

  • Tentukan lokasi yang aman di luar rumah sebagai tempat berkumpul anda dan keluarga anda setelah bencana.

  • Rencanakan tindakan pemeriksaan untuk anda dan anggota keluarga berikut utilitas rumah anda paska gempa
  • Rancanglah kepada siapa saja yang dapat dihubungi oleh anda dan anggota keluarga anda untuk menyampaikan (me-relay) pesan atau informasi anda.

  • Bekali setiap anggota keluarga anda secarik kertas yang berisi nomor telepon orang-orang yang penting saat bencana gempa.

  • Tentukan dan bicarakan dengan saudara atau teman anda tempat dimana anda akan tinggal (mengungsi) setelah bencana gempa bumi atau bencana alam lainnya usai.

  • Jika sekolah anak-anak anda memiliki rencana tanggap darurat, perlu kiranya anda dapat mengetahuinya. Ingatkan anak-anak anda untuk memahami bagaimana mereka harus menyelamatkan diri ketika berada di sekolah.

  • Simpan dan lindungi dokumen-dokumen penting anda dalam wadah tahan air yang kuat dan aman.


  • Luangkan waktu untuk melatih dan mempraktekkan rencana tanggap darurat keluarga anda. Tanyai setiap orang di rumah anda apakah mereka telah memahaminya. Selain itu anda dapat menanyakan ke tetangga anda apakah mereka juga memiliki rencana tanggap darurat keluarga, jika mereka punya, anda dapat berbagi dan berdiskusi tentang rencana bersama.

    Mungkin hal-hal tersebut belum biasa kita lakukan di Indonesia. Namun, mengingat kita tinggal di negara yang sering terjadi gempa bumi, terlebih mengutamakan keselamatan orang-orang yang kita cintai maka tidak ada salahnya kita mencoba untuk memiliki satu rencana tanggap darurat atau penyelamatan diri untuk keluarga.

    Sebelum gawat, susun rencana tanggap darurat !

    Source: Diolah dari "Putting Down Roots in Earthquake Country", yang diterbitkan oleh the Southern California Earthquake Center.

    Related Posts:
    1.#1 Kenali Potensi Kerusakan akibat Gempa Bumi di Rumah Anda
    2.7 Aksi Penting Setelah Gempa Bumi Berlalu
    3. 10 # Aksi Saat Terjadi Gempa Bumi

    Digg
    Stumbleupon
    Delicious
    Technorati
    Twitter
    Facebook
    Related Posts with Thumbnails

    Followers

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP