#1 Kenali Potensi Kerusakan akibat Gempa Bumi di Rumah Anda | b l o g o d r i l

27 October 2009

#1 Kenali Potensi Kerusakan akibat Gempa Bumi di Rumah Anda


Barangkali banyak perabotan rumah tangga anda yang bobotnya cukup berat, dan bisa gawat jika jatuh mengenai anda. Atau, ada bagian rumah anda yang mulai lapuk, seperti tiang, kusen atau kerangka atap, jika roboh diguncang gempa bumi kemungkinan besar mencederai siapapun yang terkena.

Selain itu coba perhatikan rak barang di garasi rumah anda, apakah barang anda aman tersimpan di atasnya? Pikirkan untuk mengurangi kerusakan jika barang-barang ini jatuh menimpa kendaraan anda, atau kemungkinan terjadi tumpahan bahan berbahaya akibat guncangan gempa.

Ada beberapa tindakan sederhana yang dapat anda lakukan, mulailah dari sekarang! Misalnya, memindahkan rak buku anda jauh dari tempat tidur atau tempat-tempat biasa orang duduk atau tidur. Pindahkan perabotan yang berat pada jarak yang aman dari ruang tempat keluarga sering beraktivitas.

Jika ruang rumah anda sempit, paling tidak pindahkan atau turunkan benda-benda berat dari rak-rak tinggi penyimpanan. Pada prinsipnya, carilah barang-barang yang mungkin berbahaya, atur kembali, kalau perlu diikat, rak-rak diperkuat atau pindahkan agar anda lebih aman saat terjadi gempa bumi.

Jadi tidak cukup hanya meminimalkan kerusakan bangunan anda, tetapi anda harus mengamankan isi rumah anda. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi resiko hidup kita dan mengurangi bencana akibat gempa bumi, seperti tertimpa rak buku, benda berat dll.

Perabotan di Dapur

Amankan pintu lemari atau pintu tempat anda menyimpan barang pecah belah. Kalau perlu buat kunci ganda dengan kait pintu yang bisa dikunci dengan slot atau gembok. Pasang konektor tabung gas (gas appliances) untuk mengurangi kebocoran gas yang dapat menimbulkan resiko kebakaran. Perkuat perabotan besar anda, misalnya kulkas, dengan "mengikatnya" ke dinding dapur.

Peralatan Elektronik

Televisi, Tape recorder, komputer dan perabotan elektronik lainnya, dapat diamankan dengan menyediakan tali nilon atau tali ber-"gesper" agar mudah dijinjing atau dipindahkan ke tempat yang aman. Gunakan kait dan loop pengencang pada meja atau rak buku atau pindahkan barang-barang berat anda ke tempat yang lebih rendah.

Obyek atau Barang Lainnya.

Cermin, bingkai foto, lukisan atau benda yang menempel di dinding rumah anda, dapat diperkuat agar tidak terpental pada saat terjadi gempa. Buatlah kait atau ikatan dari tali nilon sedemikian rupa, sehingga memungkinkan benda bergoyang tanpa jatuh ke lantai.

Related Post:
1. 7 Aksi Penting Setelah Gempa Bumi Berlalu
2.10 # Aksi Saat Terjadi Gempa Bumi


Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP