Tahukah Anda, Jika 1 Juta Orang Bergaya Hidup Selaras Dengan Alam | b l o g o d r i l

13 September 2009

Tahukah Anda, Jika 1 Juta Orang Bergaya Hidup Selaras Dengan Alam

1# Tahukah anda bahwa pepohonan dapat mengurangi karbon (CO2) di atmosfer seiring dengan pertumbuhannya. Satu pohon bisa menyerap 1 ton karbon selama masa hidup 40 tahun. Kemudian pada saat mati (secara alami, terbakar atau ditebang) pohon melepaskan karbon yang diserap selama hidupnya.

2.# Tahukah anda bahwa di seluruh dunia diperkirakan telah diproduksi 500 miliar hingga 1 triliun plastik per tahun, jumlah ini setara dengan 2 juta plasrik per menit. Jika 1 juta orang mengganti tas belanja atau aneka tas belanja dengan tas yang dapat dipakai kembali (reusable) maka kejadian ini telah mengurangi 1 milyar plastik.

3# Tahukah anda bahwa kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang emisi karbon (carbon emission) dan alam tidak bisa menunggu sampai seluruh produsen kendaraan bermotor memproduksi kendaraan berbahan bakar hidrogen atau tenaga surya. Jika sepanjang 8 km perjalanan, 1 juta orang mengganti moda transportasi kendaraan bermotor dengan bersepeda maka kita akan mengurangi carbon emission sebesar 100.000 ton per tahun.

4# Tahukah anda bahwa kurang lebih 2 milyar penduduk dunia tidak memiliki akses terhadap listrik. Di lain pihak, ada 1 milyar penduduk lainnya yang bergantung pada baterai, lilin ataupun minyak tanah untuk sumber energinya. Padahal tenaga surya bisa menjadi sumber energi alternatif yang murah, mudah dan terpercaya. Dan, Jepang adalah negara dengan jumlah instalasi photovoltaic terbanyak di dunia.

5 # Tahukah anda, bahwa sebuah sistem photovoltaic yang memproduksi energi listrik 150 Kwh dalam setiap bulan dapat mengurangi 150 Kg CO2, 75 Kg Batubara dan 400 liter air. Jika 1 juta rumah beralih menggunakan energi surya maka kita akan mengurangi carbon emission sebanyak 4, 3 juta ton per tahun.

6 # Tahukah anda bahwa carbon emission dalam suatu rantai makanan, tidak hanya dihasilkan selama pengangkutan dari produsen ke konsumen, tetapi juga dihasilkan oleh input-input pendukungnya seperti pestisida dan pupuk, tetapi juga pembungkusnya (kertas, karton, styrofoam dan alumunium foil). Jika 1 juta orang beralih hanya menggunakan produk lokal untuk kebutuhan hidup sehari-hari selama 1 tahun, maka kita akan mengurangi carbon emission sebanyak 625.000 ton.

7 # Tahukah anda, jika 1 juta orang mendaur ulang sampah mereka (logam, plastik, kaca dan kertas) maka carbon emission dapat berkurang hingga 211.000 ton.

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP