Sudahkah Anda “Go Green” Sebelum Mudik Lebaran? | b l o g o d r i l

19 September 2009

Sudahkah Anda “Go Green” Sebelum Mudik Lebaran?

Bagi anda yang sudah di perjalanan atau malah sudah sampai di kampung halaman coba diingat-ingat, sudahkan anda "go green" sebelum meninggalkan rumah?. Nah, bagi yang belum bepergian mudik, diingatkan untuk "go green" sebelum pergi meninggalkan rumah.

Periksa kembali dan lakukan tips green living untuk anda ini:

1.Pasang detektor cahaya pada lampu teras, lampu taman dan lampu luar lainnya. Gadget ini akan mematikan lampu rumah anda pada saat intensitas cahaya berlebih, sebaliknya jika malam maka lampu akan menyala. Disamping untuk menghemat listrik, karena lampu rumah anda tidak harus menyala terus-menerus, On/Off-nya lampu rumah anda memberi kesan anda sedang ada di rumah, meskipun anda sebenarnya sedang mudik.

2.Putar pemanas air (water heater) pada posisi terendah atau matikan sebelum anda meninggalkan rumah untuk mudik.


3.Matikan AC tetapi jika anda mempunyai tanaman hias di dalam rumah dan ingin memberikan kelembaban agar tetap green di living room anda, atur saja thermostat AC secara otomatis.

4.Untuk dan menghemat air bersih, matikan aliran air bersih anda lewat kran yang ada di luar rumah, ini untuk menghindari banjir jika ternyata ada kran di dalam rumah yang “ lupa” dimatikan.

5.Cabut stop-kontak listrik barang-barang elektronik anda, seperti TV, Tape, komputer dekstop dll. Ini untuk mencegah "kebocoran" kira-kira 40 watt per jam ketika anda sekeluarga sedang mudik, tetaplah hemat listrik

6. Ucapan lebaran dengan SMS telah menggantikan kartu Lebaran, tetaplah pakai sms yang praktis ini... dan tentu saja penggunaan sms di era mobile phone ini telah mengurangi konsumsi kertas (artinya, jika jutaan orang harus kirim kartu lebaran maka banyak mengkonsumsi kertas dan banyak menebangi hutan)

7. Kalaupun terpaksa membuat kartu lebaran, buat saja sendiri dari kartu-kartu masa lalu dengan memotong bagian belakang kartu, dan menulis ucapan anda di balik bagian depan kartu. Itung-itung melakukan langkah kecil “reduce, reuse, dan recycle!”

Tak lupa untuk pembaca yang merayakan Idul Fitri, saya ucapkan:

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin.


Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP