The Going Green Film Festival, 2010: Kontribusi Dunia Perfilman Untuk Lingkungan Hidup | b l o g o d r i l

01 August 2009

The Going Green Film Festival, 2010: Kontribusi Dunia Perfilman Untuk Lingkungan Hidup

Insan film di dunia nampaknya tidak mau ketinggalan dalam kampanye "go green" dan kesadaran lingkungan. Suatu festival film bertajuk " the Going Green Film Festival" dengan tagline: "REthink. REplenish. REcommit", telah digulirkan saat ini dan akan mulai diselenggarakan pada bulan Maret 2010.


Festival ini mengundang para pembuat film untuk menyertakan film-film mereka yang hanya (melulu) bercerita tentang lingkungan hidup, keselarasan alam atau film yang bertemakan "ramah lingkungan". Juri festival ini juga akan menilai para produser yang menggunakan bahan-bahan dan metode alternatif serta praktek-praktek pembuatan film yang ramah lingkungan, baik di lokasi shooting maupun di studio atau di kantor. Ini menarik diikuti, seberapa jauh "gaya hidup hijau" para insan film yang mencerminkan kesadaran mereka terhadap isu-isu lingkungan hidup di dunia.

“More than ever, it is critical for the film industry—whether big budget or independent—to contribute towards environmental preservation,” ungkap penggagas festival film ini, Patrice Williams.

Dengan kata lain, the Going Green Film Festival ini merupakan suatu tantangan bagi insan perfilman dan industri film berkepentingan dengan kontribusinya kepada perlindungan lingkungan hidup, tanpa perkecualian, apakah suatu film dibuat dengan biaya besar atau hanya "independent film"(indie film) yang berbiaya minim.

Flm-film hijau (Green Films) yang diikutsertakan dalam festival ini berkesempatan untuk memenangkan satu kendaraan "hybrid" (hybrid vehicle).

Terdapat 3 (tiga) kategori utama, yang akan dinilai, meliputi:

  • Kategori Green Production yaitu suatu produksi film dilakukan dengan hanya sedikit atau kurang meninggalkan jejak karbon (carbon footprint) di planet bumi ini. Proses pembuatan film ini harus didokumentasikan (behind the scenes);

  • Kategori Our Planet yaitu topik film yang mencakup isu-isu dunia ketiga, ekologi, alam-bebas atau lingkungan hidup; dan

  • Kategori Hybrid/Alternative Transportation yaitu suatu film yang melibatkan pemakaiann kendaraan-kendaraan hybrid, sepeda, scooter-elektrik atau transportasi publik yang ramah lingkungan.


  • Syarat lainnya: genre film bebas, tetapi harus ber-durasi antara 20 menit sampai dengan 120 menit dan harus dibuat antara tahun 2008 sampai dengan 2010.

    Anda berminat mengikutinya? Kunjungi saja situsnya: GoingGreenFilmFest.com

    Digg
    Stumbleupon
    Delicious
    Technorati
    Twitter
    Facebook
    Related Posts with Thumbnails

    Followers

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP