Tips 2# Gaya Hidup Selaras Alam: Hemat Listrik Dalam Pemakaian Komputer | b l o g o d r i l

07 April 2009

Tips 2# Gaya Hidup Selaras Alam: Hemat Listrik Dalam Pemakaian Komputer


Kadang saking sibuknya dan, barangkali, karena usia yang mulai senja. Saya sering lupa mematikan komputer desktop atau laptop saya. Padahal ini memboroskan energi/listrik. Keinginan untuk menghemat biaya listrik bulanan-pun, tidak pernah kesampaian.

Terus,apa hubungannya dengan gaya hidup selaras alam? Tentu saja, ada! Lagi-lagi berhubungan dengan jejak carbon atau "carbon footprint" dari listrik itu sendiri. Jejak ini salah satunya ada di dalam unit pembangkit listriknya.

Menurut Perusahaan Listrik Negara (PLN) Indonesia, ternyata untuk memasok sistem listrik Jawa-Bali masih tergantung pada ketersediaan batubara dan gas alam.

Komposisi energi primer untuk listrik Jawa-Bali pada 2008:
- Batubara = 58.668 Giga Watt hour (GWh) atau 53 %,
- Minyak = 22.457 GWh atau 20 %
- Gas = 18.208 GWh atau 16 %
- Panas bumi= 7.923 GWh atau 7 %, dan
- Air = 4.415 GWh atau 4 %.
Nah, kan... batubara, minyak dan gas atau yang dikenal sebagai bahan bakar fosil penghasil CO2 ini masih menjadi penyumbang energi listrik terbesar yaitu 89%.

Jadi, hubungannya dengan gaya hidup selaras alam, begini: jika kita menghemat pemakaian listrik komputer dengan mengurangi konsumsi daya, maka pada gilirannya, bisa mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, batubara dan gas alam untuk pembangkit listriknya. Artinya, dengan pengurangan bahan baku pembangkit listrik ini, paling tidak, mengurangi pelepasan CO2 di atmosfer.

Tapi seberapa besar sih daya listrik PC atau laptop itu? Khususnya desktop komputer, jenis ini ternyata mengkonsumsi listrik berkisar: 50 - 250 watt!

Nah, berikut ini tip-tip yang mudah dan sederhana saja, semacam "Daily Eco Tips", sehingga kita tidak perlu lagi beli macam-macam gadget penghemat listrik atau malah menganti komputer tua kita! :

1. Cabutlah colokan komputer jika komputer sedang tidak dipakai. Sejatinya komputer tetap mengkonsumsi listrik, meskipun sudah dimatikan, jika masih terhubung dengan sumber listrik, seperti kondisi "standby" TV kita.

2. Fungsikan (enabling) fasilitas power management dari komputer anda. Setiap sistem operasi komputer(Windows, Linux dan Mac OS X) mempunyai fasilitas ini.

3. Matikan (switch off) semua aksesori komputer. Beberapa diantaranya menggunakan switch-elektrik yang otomatis mengkonsumsi listrik, sehingga jika dimatikan kita akan lebih menghemat listrik

Ada beberapa saran yang lebih rinci, silahkan kalau anda punya waktu bisa berkunjung ke situs the Pays to Live Green pada artikel Computer Energy Saving. Situs ini telah menghitung konsumsi daya listrik sebuah komputer, laptop, LCD Monitor dan CRT Monitor Tua. Termasuk menghitung total biaya listrik setahun dan penghematannya jika komputer dalam posisi tidur (sleeping) dan dimatikan dengan diputuskan sambungan listriknya. Pemakaian daya listrik untuk peripheral lainnya, seperti printer dll sudah pula dihitungnya. Bisa anda kunjungi situsnya melalui link tersebut.

Nah, di bawah ini salah satu hasil perhitungan konsumsi daya listrik untuk pemakaian komputer 7 jam sehari, sbb:

24/7 Computer Energy Usage
Desktop Computer= 120 Watts Used
Laptop = 45 Watts Used
Old CRT Monitor = 80 Watts Used
LCD Monitor = 35 Watts Used

Energy Saving: Sleeping Computer
Sleeping Computer = 6 Watts Used
Sleeping Laptop = 1 Watts Used
Sleeping CRT Monitor= 5 Watts Used
Sleeping LCD Monitor= 3 Watts Used

Energy Saving: Turning Off/Unplugging Computer
Turned Off Computer = 3 Watts Used
Unplugged Computer = 0 Watts Used
Unplugged Laptop = 0 Watts Used
Unplugged CRT Monitor= 0 Watts Used
Unplugged LCD Monitor= 0 Watts Used

Hemat listrik ! jika komputer kita sedang tidur, apalagi mati....

Related Link : Tips #1- Gaya Hidup Selaras Alam: 7 Cara Berhemat Kertas Cetak di Kantor.

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP