3, Mau? Partai Politik Dengan Program Lingkungan Hidup | b l o g o d r i l

05 April 2009

3, Mau? Partai Politik Dengan Program Lingkungan Hidup

Sebenarnya, ini hanya sekedar untuk memuaskan rasa ingin tahu saya terhadap partai politik yang akan bertarung di Pemilu Indonesia 2009. Apakah mereka secara tegas mempunyai program lingkungan hidup?

Sebagai warganegara yang punya blog dengan badge "Myblog Fights Climate Change" wajar saja pingin punya pimpinan masa depan yang ber-visi "sustainable development". Kepemimpinan yang mengedepankan kesejahteraan rakyat dalam mengakses sumber daya alam dengan kebijakan yang pro-lingkungan.

Jadi, peduli lingkungan hidup itu, tidak sekedar ditunjukkan dengan anggota partainya yang menyatakan peduli dengan cara bersih-bersih sampah kali atau rame-rame tanam pohon untuk penghijauan. Saya pikir, ini bukan program, namanya! Hal seperti ini bisa saja diusulkan secara spontan oleh pak RT di lingkungan rumah tinggal saya dan dikerjakan para warga dengan sukarela.

Yang namanya program, kalau tidak salah, ya seharusnya sudah sengaja direncanakan, dengan man, money, machine dan mechanism. Inipun dalam jangka tertentu tidak spontan dan sukarela gitu aja, ya kan?

Dari hasil web-walking di situs-situs partai politik yang bisa dikunjungi, sementara ini, ternyata 2 (dua) partai besar tidak mempunyai program lingkungan hidup, yaitu Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat.

Untuk menentukannya, saya menggunakan cara sederhana saja, yaitu melihat visi, misi dan program partainya yang secara jelas terdokumentasi di situs web-nya. Maklum saya mewakili orang biasa saja, seorang web-walker...yang tidak mau ribet dengan banyak kriteria!

Visi, misi dan program partai politik.. bukankah menunjukkan komitmen partai? Ya, ya..., komitmen menjadi penting karena didalamnya terkandung niat, sasaran dan upaya mewujudkannya (termasuk ada organisasi) khususnya yang berkepentingan dengan lingkungan hidup.

Sebagai penghargaan saya bagi partai politik dengan program lingkungan hidup, maka alamat situsnya saya berikan tempat atau link di-blog saya, sebaliknya yang tidak punya program lingkungan hidup sengaja tidak di-link situs web-nya, karena biar pembaca tidak usah repot-repot mengunjungi dan mencarinya.

Partai Politik dengan Program Lingkungan hidup

1.Partai Bulan Bintang (PBB)

Program partainya secara tegas mencantumkan Pembangunan Lingkungan Hidup,:

a. Melakukan pengelolaan sumber daya alam yang terbaharukan dengan memgang prinsip kehidupan yang berkelanjutan.
b. Pengelolaan sumber daya alam yang tidak bias pulih dengan berpegang kepada sikap hemat dan meningkatkan efisiensi pemakaian.
c. Mengkonversikan penyusutan sumber daya alam ke dalam bentuk: 1) modal fisik seperti pembuatan jalan dan pabrik, 2) modal sumber daya manusia melalui pendidikan, keahlian dan pengetahuan, 3) modal kelembagaan melalui system pemerintahan yang bersih.
d. Mengembangkan kerja sama regional dan internasional di bidang lingkungan hidup dengan terlibat secara aktif dalam lembaga-lembaga tersebut.
e. Meningkatkan peranan keberadaan lembaga-lembaga pemerinatah dan LSM, masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan melakukan koordinasi dengan departemen-departemen teknis, sehingga setiap kebijakan yang dikeluarkan mengarah kepada kebijaksanaan pembangunan berwawasan lingkungan.
f. Penegakkan hukum lingkungan secara konsisten dan konsekuen.
g. Pemberdayaan kelembagaan adat dalam rangka pelestarian lingkungan hidup.

2. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Pada Kebijakan Dasar Ekonomi dan Kesejahteraan memasukkan "Menjaga kekayaan alam dari eksploitasi yang merugikan rakyat banyak". Di anak situsnya terdapat artikel tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup yang menyatakan: “Mengoptimalkan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup dengan meningkatkan kemauan politik pemerintah, serta partisipasi masyarakat dan tanggung-jawab internasional. Menjadikan kehidupan seluruh umat manusia yang layak di bumi yang satu, sebab baru bumi satu-satunya ini yang layak dihuni"

3. Partai Indonesia Baru (PIB)

Didalam profilnya tentang apa yang harus dikerjakan tegas menyatakan: "Lingkungan Hidup yang Lestari. Kemakmuran dan pembangunan memerlukan dukungan sumber daya alam. Tetapi pemanfaatan sumber daya itu haruslah menghormati dan mengikuti hak- hak sang alam".

Partai Politik Tanpa Program Lingkungan Hidup

1. Partai Demokrat

Sasaran dan Pokok-pokok program tidak mencerminkan secara tegas tentang pembangunan nasional yang lestari. Sasaran program masih normatif contohnya didalam Sasaran Keluar, contohnya: "Suksesnya pembangunan nasional yang menjadi program pemerintah dalam mengusung perubahan menuju terwujudnya rakyat yang aman, adil dan sejahtera".

2. Partai Golongan Karya (Golkar)

Jika dilihat dari perspektif Masa Depan Golkar, partai ini mencita-citakan masyarakat yang maju dan sejahtera, tidak jelas menunjukkan program lingkungan hidup. Sedangkan menyangkut Tatanan Sosial Politik bertekad untuk memberdayakan usaha kecil, menengah , dan koperasi sebagai prioritas yang paling diutamakan dalam membangun tatanan sosial ekonomi bangsa ekonomi bangsa ke depan. Partai Golongan Karya (Golkar) tidak mempunyai program lingkungan hidup secara tegas dan jelas

Jadi, sementara ini, ada 3, mau?

Silahkan anda pilih nanti saja sesuai nurani anda (inipun bagi yang mau ikut pemilu 2009). Penilaian ini tentu masih tentative, karena belum semua situs web partai politik di Indonesia saya kunjungi, mohon maklum ...barangkali partai lainnya akan saya pakai untuk bahan menulis blog nanti.

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP