Mendukung Ekowisata Dengan Rasa Cinta | b l o g o d r i l

25 March 2009

Mendukung Ekowisata Dengan Rasa Cinta


Ketika kita berlibur atau berwisata di pantai, di pedesaan atau di gunung, semula, mungkin hanya ingin tahu dan menikmati saja. Pemandangan alamnya yang asri, udaranya yang sejuk atau mencari tantangan dan kepuasan ketika sampai di puncak gunung. Tidak lebih. Namun, semakin sering kita kembali ke tempat-tempat itu, kita mulai merasakan terjadinya perubahan.

Mulailah kita tergerak untuk mengamati, menilai dan mencoba mencari penyebab perubahan ini. Contoh kasusnya: kita mungkin merasakan kalau udara di kawasan Puncak (tempat wisata di selatan Bogor- Jawa Barat) sudah tidak sedingin dulu lagi. Kemudian sungainya tidak sejernih lima tahun lalu atau munculnya kekumuhan bahkan kerusakan alam di sana-sini. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena ulah manusia. Kitapun merasa sayang dan mulai membatasi diri dan melakukan hal-hal kecil untuk menjaganya, tidak membuang sampah sembarangan, tidak mengotori sungai dan tidak mencorat-coret tembok bangunan.

Timbulnya rasa sayang kita kepada alam. Dari semula hanya berkeinginan sekedar menikmati kemudian menjadi ingin memelihara atau melindungi alam. Bagaikan bujang kita yang semula tidak pernah memperhatikan gadis tetangga yang lewat di depan rumah. Karena si gadis sering lewat, si bujang kita makin sering memperhatikan malahan sering menahannya untuk sekedar ngobrol, sambil lalu menilai kemolekannya... Saking seringnya ngobrol, mulailah timbul rasa sayang di hati si bujang kita..sampai-sampai suatu hari satu jerawat yang nongol manis di pipi si gadis diketahuinya. Si bujangpun menawarkan kepada gadis kesayangannya untuk mengantar membeli obat jerawat. Karena si bujang makin sayang.

Sikap sayang kepada alam, dan ciptaan Tuhan lainnya, seperti itulah yang akan mendorong berkembangnya ekowisata. Dan kita di Indonesia punya potensi ekowisata yaitu keaslian alam dan budaya. Dimana saja ? Pada postingan berikutnya, saya akan menuliskan tempat-tempat tujuan ekowisata di Indonesia.

Silahkan, kunjungi kembali blog ini!

Digg
Stumbleupon
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Related Posts with Thumbnails

Followers

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP